10 Cara Mengatasi Kerusakan Pada Hardware Komputer

Tanda-tanda hardware komputer yang rusak harus segera ditindaklanjuti. Perhatikan bagian mana yang rusak, lalu segera ambil tindakan. Perbaiki sendiri kalau masih bisa diperbaiki dengan mencari referensi perbaikan dari internet. Tetapi kalau kerusakan ternyata sudah parah, maka segera bawa ke tukang servis.

Setiap kerusakan berbeda cara mengatasinya. Jika kerusakan pada grafis masih bisa dibenahi lewat pengaturan komputer, tetapi kalau kerusakan pada processor harus segera ditangani oleh ahlinya.


10 cara mengatasi kerusakan hardware

Kalau kerusakan pada satu hardware tidak segera ditangani, maka akan merembet pada hardware yang lainnya. Ini dikarenakan antara satu hardware dengan hardware yang lain saling berkaitan.

Untuk itulah, berikut ada 10 cara mengatasi kerusakan atau masalah pada hardware :

  1. Segera periksa driver mouse jika mouse tidak terbaca oleh komputer. Padahal kamu sudah memberi yang baru. Bisa juga dengan mencoba merek atau jenis mouse yang lainnya.
  2. Mengganti power supply dengan daya tahan lebih besar jika motherboard mati. Ini penting karena Motherboard sendiri adalah nyawa dari komputer. Selain itu, cara yang lainnya adalah dengan membersihkan motherboard dan mengecek bunyi Beep-nya.
  3. Periksa VGA Card saat bunyi beep pada motherboard berbunyi hanya sekali. Di mana bunyi yang hanya satu kali ini berarti bahwa motherboard dalam keadaan yang baik. Tetapi motherboard masih tidak menyala. Kalau masih belum nyala juga, maka periksa dan benahi kedudukan dari VGA.
  4. Menambah memori hardisk saat komputer menjadi lambat. Ini menjadi solusi yang kedua setelah kamu menyortir data pada hardisk namun sayang untuk dihapus.
  5. Jika komputer sering hang, maka cara menanganinya adalah dengan mengecam ulang hardisk komputer atau Windows. Kalau masih sering hang, maka kamu harus mengganti memory komputer kamu agar tidak sering hang lagi.
  6. Memasukkan operating system yang baru kalau komputer tidak bisa booting. Ini akan menjadi hal yang menjengkelkan, karena komputer menyala tetapi tidak mau booting.
  7. Mengecek kabel pada CPU atau mengganti baterai baru komputer ketika komputer mati atau tidak mau menyala sama sekali. Hal ini penting karena komputer yang mati tidak akan bisa digunakan sama sekali. Aktivitas kamu menjadi terhambat.
  8. Jika masalah hardware kamu adalah tidak terbaca ya keyboard pada komputer, maka cara menanganinya adalah dengan mengecek koneksi keyboard pada komputer. Apakah sudah pas atau belum. Ganti keyboard baru jika masih belum terdeteksi juga.
  9. Mengganti baterai CMOS untuk masalah settingan waktu komputer yang berubah-ubah setiap harinya.
  10. Memastikan slot RAM sudah sesuai dengan komputer untuk mengatasi tidak terbacanya RAM pada komputer.

Kamu harus berhati-hati dan jeli dalam menggunakan hardware. Tetap siaga dengan segera melakukan penanganan pada hardware yang rusak. Tidak perlu panik dalam menghadapi kerusakan pada hardware.