20 Ciri Hardware Komputer yang Rusak

Padahal hardware sudah dirawat dengan baik dan penggunaannya pun sudah hati-hati, tetapi tetap saja kerusakan atau error masih terjadi. Inilah resiko pengguna komputer, karena komputer dioperasikan setiap hari. Untuk itulah kamu harus paham apa saja  ciri-ciri hardware komputer yang mengalami kerusakan.

Ciri-ciri ini menjadi tanda-tanda untuk kamu kalau hardware pada komputer sedang bermasalah. Kamu harus tanggap dan segera mencari solusi sebelum parah.

20 Ciri-ciri Hardware Rusak

Ciri-ciri hardware yang rusak melingkupi semua komponen hardware. Kamu harus mengetahuinya. Jangan sampai terlambat dengan kerusakan yang membuat kamu tidak bisa menggunakan komputermu lagi.

Berikut adalah 20 ciri-ciri hardware yang rusak:

  1. Komputer tidak bisa mendeteksi Processor baru. Ini bukan masalah sepele, karena jika dibiarkan, Processor tidak akan bisa melaksanakan perintah data.
  2. Monitor berkedip-kedip. Masalah ini letaknya pada pengaturan Refresh Rate.
  3. Monitor gelap saat proses Loading pada Windows.
  4. Komputer sering hang. Tiba-tiba mati atau tidak berfungsi sama sekali atau diam.
  5. Komputer lambat dalam membaca data. Ini akan sangat mengganggu karena pekerjaan kamu akan terbengkalai.
  6. Terjadi reset pada motherboard. Komputer mengalami booting tanpa henti.
  7. Ketidaknormalan kapasitas pada hardisk. Padahal hardisk ini nantinya menyimpan data pada lebih permanen pada komputer.
  8. Monitor komputer menjadi bergaris-garis.
  9. Komputer tidak mengenali keyboard. Padahal keyboard ini adalah hardware input yang sangat penting. Jika tidak ada keyboard, maka akan sulit menginput data ke komputer.
  10. Motherboard menjadi blank. Motherboard mati sehingga tidak bisa membaca data pada flashdisk atau memori eksternal yang lainnya.
  11. Mouse meloncat-loncat sendiri. Padahal tidak dioperasikan. Ini menjadi tanda bahwa mouse sedang kotor. Perlu dibersihkan.
  12. Komputer tidak bisa mendeteksi perangkat hardware baru yang ditambahkan. Padahal saat perangkat hardware itu dipasang di komputer lain bisa terbaca.
  13. Tampilan pada monitor tidak sesuai dengan ukuran monitor itu sendiri. Padahal monitor berukuran 10 inchi, tetapi gambar yang ditampilkan hanya 5 inchi
  14. Monitor tidak menyala sama sekali. Harau segera dibawa ke tukang servis komputer.
  15. Baterai mati. Komputer bisa menyala hanya dengan koneksi listrik saja seperti televisi.
  16. Tidak bisa mendeteksi sound card baru. Padahal sound card ini penting untuk mengeluarkan suara notifikasi yang berbeda-beda.
  17. Komputer semakin melambat padahal sudah ditambahkan RAM yang baru. Seharusnya komputer menjadi lebih maksimal kecepatannya.
  18. Setting waktu berubah-ubah dengan sendirinya.
  19. Mouse tidak dikenal sama sekali oleh komputer. Padahal mouse ini adalah alat untuk mengoperasikan komputer atau bisa disebut dengan tangannya komputer.
  20. Komputer menyala tetapi semua data hilang. Tandanya ada virus pada storagenya.

Banyak sekali masalah pada hardware komputer yang harus kamu ketahui. Akan sangat fatal akibatnya jika ciri-ciri kerusakan tersebut dibiarkan begitu saja. Segera bawa komputer ke jasa servis untuk mendapatkan perbaikan.