5 Panduan Singkat Memilih PC Gaming

Tak dapat dipungkiri bahwa PC adalah salah satu wahana paling seru yang tidak ada tandingan untuk digunakan bermain game. Hanya saja, para pengguna haruslah pandai dalam memilih komponen yang tepat untuk PC gaming. Pasalnya jika asal memilih, ada kemungkinan komponen tidak kompatibel alias tidak cocok satu dengan yang lainnya. Tentu saja jika hal seperti ini terjadi, Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk menggantinya lagi. Untuk itu ada baiknya mengetahui fungsi dari masing-masing komponen penting dalam komputer, apalagi jika menyangkut komputer gaming. Berikut penjelasannya di bawah ini.

Prosesor

Bisa dibilang prosesor adalah otak dari komputer itu sendiri. Maka tanpa adanya, tidak mungkin komputer bisa berjalan sebagaimana mestinya. Wajar saja mengingat prosesor yang memiliki peran penting dalam melakukan berbagai perhitungan sehingga perintah dapat berjalan kepada komponen-komponen lainnya. Untuk itu, semakin bagus prosesor yang Anda miliki, maka tentu saja performa komputer secara keseluruhan akan lebih terjamin.

VGA (Graphic Card)

Inilah komponen dalam komputer yang tak jarang membuat para gamers keringat dingin. Pasalnya Video Graphics Array atau VGA inilah yang menjadi penentu kualitas visual alias grafis yang mampu ditangani setiap komputer. Walaupun VGA memiliki peran penting dalam performa gaming di komputer, namun Anda juga harus memperhatikan komponen lainnya karena semua komponen saling berkaitan.

RAM

Random-Access Memory atau yang biasa disebut RAM adalah bagian paling penting lainnya dari sebuah komputer. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan data secara tidak permanen. Dengan kata lain data yang dibutuhkan dan diproses nantinya akan disimpan dalam sebuah storage dan langsung digunakan komputer. Kapasitas penyimpanan RAM di sini sangat dibutuhkan. Untuk itu, semakin besar kapasitas penyimpanan RAM sebuah komputer maka semakin besar pula informasi yang bisa langsung diproses, sehingga semakin cepat pula komputer melaksanakan berbagai perintah yang diberikan.

Power Supply

Power Supply merupakan komponen penyimpan daya dalam sebuah komputer. Nantinya, komponen ini akan menyuplai komputer Anda dengan daya yang dibutuhkan. Jadi, jangan sampai Anda membeli komponen-komponen yang super canggih, namun power supply yang dimiliki justru tidak kuat menyuplai daya yang diperlukan.

Optical Drive

Sebenarnya komponen ini sudah tidak terlalu penting, terlebih lagi jika Anda sudah tidak pernah membeli game secara fisik. Namun, apabila Anda masih gemar DVD game atau memang hobi membeli CD musik untuk kemudian disalin ke dalam hard disk, maka tentunya optical drive ini sangatlah penting. Meskipun demikian, Anda lebih direkomendasikan menggunakan perangkat optik seperti DVD-RW dibanding Blu-ray.