5 Tips Penting Merawat Hardware Komputer

Semua yang berhubungan dengan alat elektronik, pasti rawan akan kerusakan. Ini dikarenakan pemakaiannya yang setiap hari. Tidak bisa dipastikan apa penyebab kerusakan, tetapi tanda-tandanya selalu ada. Namun sayangnya kebanyakan pengguna tidak menyadarinya, karena memang tidak mengetahuinya. Seperti penggunaan dari hardware komputer yang sering mengalami gangguan.

Hardware sendiri memang terdiri dari alat-alat elektronik, sehingga kerusakan tidak bisa dihindari. Bahkan sebelum rusak, masih error saja sudah tidak bisa dipakai. Masih bisa diperbaiki memang, sesuai dengan jenis kerusakannya. Beda kerusakan akan beda penanganannya. Namun jangan tanyakan harga perbaikannya, bikin kantong bolong.

Untuk mencegah pengeluaran yang besar tersebut, maka kamu harus merawat hardware dengan benar. Mencegah sebelum ada kerusakan. Jangan abaikan adanya eror karena akan berakibat pada kerusakan yang fatal.


5 Tips Merawat Hardware

Perawatan hardware harus dilakukan pada seluruh alat-alatnya. Bukan hanya terpaku pada satu alat saja. Tujuannya adalah untuk menjaga kestabilan fungsi dari setiap alat hardware pada komputer.

Berikut adalah 5 tips jitu merawat hardware agar tetap berfungsi dengan baik :

  1. Rajin memeriksa posisi soket atau dudukan pada CPU atau Processor. Hal ini penting, karena posisi dudukan yang yang kurang tepat akan mempengaruhi kinerja komputer. Selain itu, pada bagian Processor ini, kamu juga harus rajin membersihkan kipas Processor yang terdiri dari heatsink pasif dan heatsink aktif. Kamu cukup membersihkannya dengan kuas saja. Pastikan kipas ini berputar maksimal. Rajin cek agar tidak menimbulkan efek panas berlebih sehingga membuat kipas cepat rusak.
  2. Rajin bersih-bersih data pada hardisk. Hal ini penting, karena hardisk pada komputer adalah hardisk yang sifatnya menyimpan sementara. Rawan untuk terkena virus, rawan terhapus, dan juga rawan rusak. Pindahkan data dengan kapasitas besar ke hardisk eksternal.
  3. Menggunakan power supply yang memiliki Pure Power sehingga mampu memberikan tegangan yang stabil. Kalaupun power supply sudah waktunya ganti, pastikan membeli power supply yang memiliki kriteria yang disebutkan.
  4. Membeli RAM dengan ukuran atau kapasitas yang besar. Semakin besar kapasitas RAM maka kinerja data akan lebih cepat juga. Selalu cek kondisi RAM itu sendiri, sehingga komputer kamu terhindar dari lemot.
  5. Menyediakan grafis adapter eksternal jika grafis adapter bawaan dari motherboard tidak memiliki kapasitas yang cukup untuk aktivitas komputer Anda. Ini adalah solusi untuk mencegah gangguan grafis pada komputer yang menyebabkan tampilan monitor berbintik-bintik.

Kelima tips untuk merawat hardware komputer tersebut adalah tips sederhana yang sangat penting. Kamu harus mengecek beberapa komponen hardware tersebut untuk memastikan bahwa hardware kamu selalu dalam keadaan baik.