6 Komponen Hardware Komputer yang Wajib Kamu Tahu

Sebagian pengguna komputer, kamu pastinya sudah paham kalau komputer memiliki perangkat keras atau disebut juga dengan hardware komputer. Hardware ini adalah semua perangkat komputer yang bisa dilihat mata, atau bersifat konkret.

Beberapa macam hardware yang biasa kamu pakai adalah CPU, keyboard, Mouse, printer, dan lain-lain yang berhubungan dengan penggunaan komputer. Hardware ini meliputi semua perangkat yang berhubungan dengan komputer yang memiliki fungsi input, output, dan proses.

6 Komponen Hardware

Semua perangkat keras yang diaplikasikan dengan dihubungkan dengan komputer dan memiliki fungsi input atau proses atau output bisa disebut hardware. Berikut adalah 6 diantaranya :

UPS yang merupakan singkatan dari Uninterruptible Power Supply.

Ini adalah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk memberikan daya terhadap komputer saat tiba-tiba mati lampu.

Casing CPU.

Sama seperti fungsi casing pada umumnya, perangkat ini juga berfungsi untuk melindungi CPU dan komponen motherboard dari debu.

Modem.

Kamu tentunya udah nggak asing dengan perangkat keras yang satu ini. Kamu menggunakan perangkat ini saat membutuhkan koneksi internet. Modem ini juga bisa digunakan sebagai penyimpanan data layaknya flashdisk. Modem ini dipakai dengan menggunakan kartu seluler yang memiliki kuota.

LAN Card.

Lebih dikenal dengan kepanjangan Local Area Network. Fungsinya adalah untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya sehingga lebih mudah dalam memindahkan data.

CD/DVD RW.

Kamu pasti sudah tahu perangkat yang satu ini. Di mana bentuknya seperti kepingan kaset namun bentuknya bulat. Fungsinya adalah untuk membaca data. Tetapi bisa juga untuk media penyimpanan eksternal. Namun kebanyakan lebih memilih flashdisk, karena lebih efektif daripada CD.

Random Access Memory atau lebih dikenal dengan RAM.

Perangkat ini berfungsi juga sebagai perangkat keras komputer. Di mana sifatnya lebih ke penyimpanan sementara. Data sangat rawan untuk hilang.

Keyboard

Fungsi input sangat melekat pada perangkat keras komputer yang satu ini. Berisi deretan huruf, angka, tanda baca, serta beberapa perintah input yang sangat besar manfaatnya dalam menggunakan komputer. Tanpa keyboard, kamu tidak akan bisa memasukkan data ke dalam komputer.

Storage.

Hampir sama seperti CD, tetapi bentuknya lebih kepada hardisk atau flashdisk. Fungsinya lebih kepada penyimpanan data di luar komputer. Flashdisk ini lebih mudah dibawa ke mana-mana dengan kapasitas penyimpanan data yang banyak.


Keenam komponen hardware komputer tersebut adalah hardware komputer secara umum. Masih banyak contoh hardware komputer yang lainnya yang wajib kamu ketahui. Pelajari macamnya, fungsinya, dan gunakan dengan sebaik-baiknya sehingga komputer benar-benar menguntungkan fungsinya.