7 Penyebab Kerusakan Hardware Komputer yang Perlu Kamu Perhatikan

Kalau kamu tidak ingin hardware komputer mengalami masalah, kamu harus bersiaga dalam mengetahui apa saja penyebabnya. Kamu harus tahu apa saja penyebab masalah pada hardware dan kemudian baru bisa mendapatkan solusinya. Ini menjadi salah satu cara perawatan hardware yang baik dan benar.

Biasanya saat ada salah satu hardware yang rusak, kamu akan panik. Itu akan terulang kembali pada pengalaman kerusakan hardware yang selanjutnya. Padahal kalau tahu penyebabnya, kamu akan tahu bagaimana mencegah kerusakan hardware lagi.

7 Penyebab Kerusakan pada Hardware

Banyak penyebab dari rusaknya hardware pada komputer kamu. Kamu harus paham satu per satu. Pahami penyebab yang berbeda dari setiap komponen hardware. Ada 7 jenis penyebab rusaknya hardware pada komputer :

1. VGA card rusak

Suara beep pada motherboard 1 kali, pertanda masih bagus, tetapi motherboard masih tidak menyala ini ternyata disebabkan oleh masalah pada VGA card. Kemungkinan VGA card memang sedang rusak atau slot VGA yang tidak terpasang dengan sempurna.

2. Memory yang rusak

Komputer tidak bisa booting ternyata disebabkan oleh memory yang rusak. Memori tidak cocok dengan sistem pada komputer.

3. Virus

Ini menjadi penyebab utama dari komputer yang sering hang. Munculnya virus pada komputer memang tidak bisa dideteksi. Sistem tidak berjalan dengan normal, sehingga menjadikan komputer sering hang. Virus menginfeksi semua file dan folder menjadi berkapasitas besar. Akibatnya memori menjadi penuh.

4. Konektor keyboard yang pemasangannya kurang pas

Ini menyebabkan keyboard tidak terbaca oleh komputer. Sebaiknya periksa dulu konektor keyboard sebelum kamu membawa ke ahli servis komputer.

5. Kotoran pada mouse

Yang sering dibersihkan jangan hanya monitor komputer saja, tetapi juga mouse. Ini dikarenakan mouse yang kotor bisa membuat mouse tidak bisa terbaca oleh komputer.

6. Sistem BIOS yang kuno.

Ini menjadi penyebab utama tidak terbacanya hardware baru pada komputer. Jika BIOS masih pakai versi lama, tetapi hardware versi baru, maka tidak akan cocok.

7. Memory hardisk penuh

Akibatnya adalah komputer menjadi lambat atau loading lama. Penuh ay memori membuat kecepatan komputer dalam mengakses data menjadi berkurang. Kegiatan memproses data menjadi super lamban.

Penyebab dari setiap masalah pada hardware komputer sangat berbeda. Penanganannya pun akan berbeda juga. Kenali penyebab terlebih dahulu baru ambil tindakan. Yang terpenting adalah siaga. Cepat perbaiki setelah tahu hardware mengalami kerusakan.