Beberapa Penyebab Keyboard Rusak

Saat sedang menggunakan komputer, biasanya kita hanya akan berfokus mengerjakan tugas yang harus diselesaikan. Sayangnya, ketika sedang serius mengerjakan, ada saja halangan yang terjadi seperti keyboard yang tiba-tiba tidak berfungsi. Hardware komputerini merupakan salah satu komponen yang sangat penting, sayangnya banyak orang yang melakukan kesalahan sehingga menyebabkan keyboard komputer tidak berfungsi secara tiba-tiba.

Beberapa penyebab keyboard komputer tidak berfungsi tiba-tiba seperti:

Kabel keyboard sudah usang

Saat menyadari keyboard tak berfungsi, Anda bisa memeriksa kabelnya. Lihat ujungnya, apakah ujung kabel sudah berkarat. Jika kabel sudah berkarat, dapat dipastikan keyboard tak bisa digunakan lagi. Karatan pada kabel dapat terjadi karena ruangan yang digunakan untuk menyimpan komputer lembab, hal ini lah yang menjadi penyebab komponen komputer karatan.

Keyboard pernah terjatuh

Anda bisa mengingat-ingat lagi, apakah keyboard yang Anda gunakan pernah terjatuh? Jika keyboard pernah terjatuh, kemungkinan besar terdapat komponen yang rusak, apalagi alat elektronik yang pernah terjatuh sukar diperbaiki.

Sering menggunakan tombol dengan kasar

Pada dasarnya, keyboard mempunyai batas kemampuan penggunaan. Jika Anda sering menggunakan keyboard dengan kasar, atau menekan tombol dengan kuat, hal ini dapat menyebabkan tombol lekas rusak. Biasanya penekanan yang terlau kuat pada keyboard terjadi saat bermain game, karena dalam bermain game, keyboard sering digunakan sebagai joystik. Sehingga, ketika bermain game lebih baik Anda menggunakan joystick asli, dibanding menggunakan keyboard.

Terkena benda asing atau debu

Keyboard tak bisa luput dari debu. Apalagi jika Anda jarang membersihkan komputer di meja kerja. Banyaknya jumlah debu yang menempel di keyboard, membuat tombol sulit berfungsi. Sehingga, usahakan membersihkan keyboard secara teratur agar dapat berfungsi dengan baik.

Terkena minuman dan makanan

Umumnya, orang-orang yang menggunakan komputer akan menaruh minuman dan makanan di sampingnya. Padahal, kebiasaan buruk ini dapat berbahaya karena risiko kerusakan keyboard yang terkena minuman dan makanan lebih besar. Oleh sebab itu, usahakan menghindari makan dan minum di dekat keyboard. Jika makanan dan minuman tumpah, pastikan kotorannya segera dibersihkan.

Terkena virus

Kemungkinan kerusakan keyboard yang lainnya adalah adanya virus komputer yang menyerang keyboard. Oleh sebab itu, cek segera apakah ada virus yang menyerang komputer. Virus ini mungkin awalnya menyerang keyboard saja. Namun bila tidak ditangani dengan baik, semakin lama akan menjalar dan merusak komponen lain.