Hardware Komputer : Fungsi Processor dan Motherboard

Banyaknya komponen hardware pada komputer memberikan kemudahan untuk mengoperasikan komputer. Dua diantaranya adalah Processor dan Motherboard. Keduanya adalah komponen hardware komputer yang sangat mempengaruhi cara kerja komputer.

Bisa dikatakan bahwa Processor adalah otaknya komputer dan Motherboard adalah bagian dari Processor itu sendiri. Jika kamu tahu di mana letak kotak CPU, maka kamu sudah paham letak Processor dan Motherboard. Keduanya berada di balik casing CPU yang berfungsi untuk melindungi keduanya dari debu yang Baia menghambat kemejanya.

Processor

Nama lain dari Processor ini adalah CPU atau Central Processor Unit. Processor ini perannya sangatlah penting untuk komputer. Jika processor rusak, maka komputer tidak akan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Secara detail, berikut adalah fungsi dari Processor :

Melaksanakan perintah yang terdapat pada data-data komputer yang sudah terprogram. Di sini Processor secara otomatis akan langsung paham tentang perintah yang ada di setiap data, sehingga hanya dalam hitungan detik saja, semua program data akan ditindaklanjuti.

Maka dari itulah Processor yang paling banyak dicari adalah Processor yang memiliki kemampuan paling cepat. Beberapa Processor yang paling banyak digunakan di pasaran adalah merek Intel.

Motherboard

Hardware ini letaknya pun jadi satu dengan Processor. Nama lain dari motherboard ini adalah Mainboard. Sistem BIOS adalah isi pendukung utama dari perangkat keras ini.

Fungsinya adalah :

Sebagai chipset.

Motherboard mampu mengatur koneksi antara input dan output komputer. Data bisa dimasukkan ke dalam komputer dan bisa ditransfer di komputer lainnya adalah dengan adanya motherboard ini.

Sebagai soket Processor.

Motherboard inilah jembatan menuju ke Processor.

Sebagai soket RAM.

Memasukkan data untuk masuk ke dalam RAM. Data dari RAM pun bisa keluar lewat motherboard ini.

Soket Kartu Grafis

Dalam fungsi ini, motherboard juga sebagai jembatan untuk membaca dan mentransfer data dengan kartu VGA.

Sebagai soket kartu tambahan yang lainnya.

Secara singkat, fungsi dari motherboard ini adalah untuk menancapkan kabel data, flashdisk, dan alternator yang lainnya. Komputer menerima transfer file dari berbagai perangkat keras yang lainnya.

Ada beberapa lubang di motherboard ini sebagai lubang untuk memasukan flashdisk atau kabel data. Sehingga kamu bisa mencetak hasil kerjamu, menampilkan data ke layar proyektor, dan lain-lain. Untuk mengkoneksikan keyboard dan mouse pun tempatnya juga di motherboard ini.

Fungsi dari Processor dan motherboard sama, yakni berhubungan dengan data pada komputer. Processor berfungsi melanjutkan tindakan terhadap data yang telah diinput lewat Motherboard. Kedua hardware komputer tersebut memiliki fungsi yang saling berkaitan.