Laptop Lemot? Ini Beberapa Penyebabnya!

Zaman sekarang punya laptop adalah hal yang biasa. Bahkan kalau dilihat, anak SMA sekarang hampir semuanya bawa laptop. Yaini tidak aneh karena memang teknologi sudah berkembang dan banyak tugas sekolah yang menuntut untuk didokumentasikan secara digital.

Untuk menghemat waktu, beberapa anak SMA mengerjakan tugasnya seusai sekolah di perpustakaan menggunakan laptop sambil bisa mencari referensinya langsung. Tujuannya sih memang agar di rumah bisa istirahat atau melakukan hal lain.

Berbicara mengenai laptop, maka tidak jauh dari membicarakan penyebab laptop menjadi lemot. Ada beberapa hal yang menyebabkan laptop menjadi lemot. Apa saja itu? Setidaknya ada 4 hal yang menyebabkan laptopmu menjadi lemot. Berikut ulasannya.

Aplikasi Meminta Spesifikasi Tinggi

Banyak sekali orang yang kurang realistis terhadap laptopnya. Sudah tahu laptopnya hanya menggunakan prosesor Intel Celeron dan RAM 1 GB, mereka nekat memasang aplikasi semacam Adobe Photoshop atau CorelDraw.

Mungkin jika kamu memasang Adobe Photoshop CS2 atau CorelDraw X3 dengan spesifikasi laptop seperti itu tidaklah masalah. Namun, jika kamu memasang versi terbarunya saat ini, maka bisa dipastikan laptopmu akan lemot.

Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan di Background

Jika kamu pengguna Windows, maka sangat sering kamu menjumpai tiba-tiba laptopmu dan blue screen. Hal ini bisa disebabkan ada aplikasi yang berjalan di background. Contoh yang sering jalan di background adalah aplikasi Windows updater. Aplikasi ini diam-diam mendownload file besar dan memakan memory banyak sekali.

Selain itu, aplikasi background yang sering membuat laptop lemot adalah aplikasi antivirus. Bahkan dulu saya saat menggunakan Windows menghindari menggunakan antivirus agar komputer saya tidak lemot. Tapi jika kamu pengguna laptop dan sering berbagi file, menggunakan antivirus ini penting juga loh. Jangan sampai ada virus dari flashdisk temanmu yang masuk dalam sistem operasi di laptopmu.

Kapasitas RAM Kurang Besar

Kapasitas RAM sering kali menjadi penyebab laptop menjadi lemot. Karena memang RAM ini digunakan untuk menyimpan proses yang sedang berjalan. Ada beberapa aplikasi yang membutuhkan RAM berkapasitas besar untuk menjalankannya.

Salah satu contohnya adalah browser Google Chrome yang sangat haus dengan RAM. Untuk membuka Google Chrome ini laptop yang memiliki RAM 2 GB saja masih terkadang lemot dan mendadak panas saat buka banyak tab. Apalagi yang memiliki RAM 1 GB saja.

Jika masalahnya seperti ini kamu bisa mengupgrade RAM laptopmu. Harga RAM laptop juga lumayan terjangkau. Untuk yang kapasitas 2 GB harga RAM laptop biasanya sekitar 300 ribuan.Untuk yang kapasitas 4 GB biasanya dijual dengan harga 600 ribuan.

Harga RAM laptop ini tergantung dari merk-nya. Pengalaman saya sih merk RAM yangbagus itu Corsair. Saya juga menggunakan RAM merk Corsair juga. Hingga detik ini masih berjalan normal.

Oh ya, yang penting lagi diingat adalah pastikan kamu membeli RAM untuk laptop yah. Karena RAM untuk laptop ini ukurannya lebih kecil dibandingkan RAM untuk PC.

Storage Mendekati Penuh

Selain prosesor dan RAM, sisa storage yang ada di laptopmu juga sangat mempengaruhi kinerja laptop loh. Jadi jangan seenaknya mengisi storage laptop hingga penuh karena hal ini akan membebani laptop untuk melakukan indexing dan distribusi file. Kamu bisa mencoba mengecek pengaruh storage terhadap kecepatan laptopmu. Caranya adalah coba kamu cari file dengan nama tertentu. Untuk laptop yang storage-nya masih sisa banyak akan lebih cepat selesai dalam menampilkan hasil pencarian.

Selain itu, beberapa aplikasi memang membutuhkan storage saat dijalankan. Sebut saja Adobe Photoshop. Aplikasi iniakan menggunakan beberapa GB storage laptopmu saat membuka file PSD yang kamu miliki. Setelah aplikasi Adobe Photoshop tersebut kamu tutup, maka storage tersebut akan dikembalikan lagi.


Bagaimana? Sudah tahu kan penyebab mengapa laptopmu mendadak jadi lemot? Kira-kira sebab yang mana yang sedang kamu alami di laptopmu saat ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *