Memahami Pengertian Dan Fungsi Hardware Komputer

Menganalisis komponen dalam komputer itu kewajiban. Apalagi bagi kamu yang dalam keseharian bekerja dengan komputer. Setidaknya kamu tahu tentang hardware komputernya terlebih dahulu. Ada hardware, ada software. Perbedaanya secara umum adalah bahwa software adalah perangkat lunak komputer dan hardware disebut dengan perangkat keras komputer. Lebih mudah mengenal hardwarenya dulu, karena ada wujud nyatanya.

Pengertian Hardware

Secara detail, pengertian hardware adalah kumpulan perangkat komputer yang terdiri dari komponen elektronika. Masing-masing alat elektronika tersebut diberi nama sesuai dengan fungsinya. Semua alat elektronika tersebut juga merupakan hasil rakitan dari beberapa komponen elektronika sehingga menghasilkan sebuah alat elektronik yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung operasional komputer.

Selain itu, pengertian lain dari hardware adalah alat-alat yang berguna untuk sistem komputerisasi. Bisa diraba dan dilihat secara fisik.  Alat yang masuk dalam kategori hardware ini memiliki ciri khas yang utama, yakni harus memiliki fungsi input, sistem, dan output. Tidak berarti harus memiliki tiga fungsi tersebut. Setidaknya memiliki salah satu fungsinya. Seperti pada keyboard yang memiliki fungsi input, sehingga keyboard ini masuk dalam hardware.

Beberapa alat yang masuk kategori hardware adalah mouse, printer, CPU, Hardisk, flashdisk, mouse, joystick, microfone, webcam, motherboard, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Fungsi Hardware

Perangkat keras komputer memiliki fungsi tersendiri, selain fungsi dari setiap alatnya. Di mana ada 4 fungsi utama yang dimiliki oleh hardware. Diantaranya adalah :

1. Mengolah data atau mengolah informasi.

Fungsi ini sesuai dengan alat hardware yang berperan sebagai latar input data. Setelah data masuk ke dalam komputer, maka beberapa alat hardware yang berfungsi mengolah informasi yang ada di dalam data yang masuk tersebut.

2. Menerima data yang masuk

Disebut juga dengan fungsi input. Hardware siap menerima input data dalam bentuk teks, video, suara, maupun gambar.

3. Menyimpan informasi atau menyimpan data.

Data yang sudah di input dan di olah akan disimpan. Ini juga menjadi fungsi dari hardware. Penyimpanan kalau di komputer masuk dalam RAM dan kalau disimpan di memori eksternal maka dalam bentuk flashdisk, hardisk eksternal, atau yang lainnya.

4. Memberikan hasil output data

Fungsi ini didapatkan dari data yang sudah diinput dan diolah. Data output bisa disimpan di RAM atau memori eksternal.

Banyak fungsi dari hardware komputer, sebagai perangkat keras komputer, yang bisa kamu gunakan. Hardware ini sendiri merupakan kumpulan dari alat elektronik yang memiliki fungsi tertentu untuk operasional komputer. Fungsi input, proses, dan output menjadi fungsi umum fair hardware.